Sate

by gelaph

Ngeliat tukang sate di deket kosan yang asik ngipas2 satenya, gue jadi inget cerita jaman gue masih bocah. Duluuu, nyokap gue pernah bikin kayak acara kumpul keluarga besar gitu. Dia ngundang adek kakak sanak sodaranya untuk bikin sate party di rumah! Lucu deh, kalo inget repotnya nyiapin semuanya. Beli ayam, nyiapin bumbu, bikin lontong, nyalain bara api, dll.

Gue yang masih bocah sih seneng banget pas disuruh kipas-kipas sate. Gantian sama sepupu2 gue yang masih sama2 bocah. Trus akhirnya nyokap gue bawain kipas angin kecil untuk ditaro di depan bara apinya. Biar kita nggak capek sih katanya, haha. Tapi iya sih, kerjaan gue sama sepupu2 gue jadinya cuma ngoles2 bumbu dan nyomot sate yang baru mateng, Enyaaaaak hahaha

Poin gue cerita masa bocah itu sebenernya ada dua sih:

1. Gue asalnya bertanya-tanya kenapa si tukang sate deket kosan gue itu, nggak pake kipas angin aja. Selain cepet, dia juga nggak capek2 bgt toh? Konsumen yang senang karena pesanannya cepat selesai, menaikkan nilai kemungkinan si konsumen balik lagi dong :D. Tapi gue nggak nanya ke abangnya sih, selain karena ntar dikira sok akrab, gue perhatiin mungkin dia nggak pake kipas angin gara2 dia nggak punya akses listrik kali ya. Kalopun ada, mungkin dia mikir ke biaya listrik yang dikeluarkan. Mending pake tenaga aja. Ya abaikan aja poin pertama ini, karena ini semacam “one-way-monologue“.

2. Dulu gue inget banget, gue seneeeeng banget tuh ngipas2 sate pas masih bocah. Soalnya sambil becandaan sama sodara2 sepupu gue juga gitu kan. Tapi kalo sekarang? Kalo ada acara2 keluarga gitu, gue beberes atau repot2 gitu ya lebih karena gue ngerasa itu kewajiban gue untuk terlibat. Daripada dicap males. Daripada kasian ngeliat orang tua yang beresin. Daripada nggak betah ngeliat barang2 berantakan. Cara berpikir seseorang emang berubah seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: