Kepribadian Ganda

by gelaph

Pernah denger istilah kepribadian ganda? Jika anda adalah seseorang yang berkepribadian ganda, pribadi-pribadi macam apakah yang bernaung di dalam diri anda?

Sebelumnya mari kita bahas sedikit mengenai kepribadian ganda. Kepribadian ganda adalah sejenis penyakit kejiwaan yang menyebabkan seseorang memiliki kepribadian lebih dari satu dalam tubuhnya. Badannya satu, tapi kepribadiannya bisa dua, tiga, empat, atau bahkan lima…belas. Kesemua kepribadian ini bergantian menempati permukaan, yang kalau diilustrasikan seperti ada satu spotlight yang dianalogikan sebagai “wajah” yang bisa dilihat orang-orang. Sementara ada satu kepribadian yang menempati spotlight, kepribadian yang lain akan menempati pinggiran yang gelap, tak terlihat.

Antara satu kepribadian dengan kepribadian yang lain bisa sangat berbeda karakternya. Dalam diri seseorang bisa “tinggal” seorang lelaki tinggi tua kasar, wanita gemuk ramah dan menyenangkan, sampai bocah balita yang manja dan kolokan.  Satu kepribadian hidup seperti satu orang, masing-masing bisa saling mengenal, namun bedanya mereka seperti terperangkap dalam satu tubuh. Oleh karena itu, keluhan yang sering terjadi adalah mereka bingung kenapa tiba-tiba berada di suatu tempat yang bahkan mereka tidak tahu bagaimana cara mereka bisa sampai ke sana.

Okay, kembali ke topik awal. Saya berpikir, jika saya adalah seseorang yang berkepribadian ganda, di bawah ini adalah kepribadian-kepribadian yang mungkin saya miliki:

1. Grahita. Wanita muda dua puluhan yang acuh tak acuh tapi bertanggung jawab, logis, dan skeptis. Kepribadian ini adalah kepribadian leader alias kepribadian yang paling sering muncul dan paling dominan apabila dibandingkan dengan kepribadian yang lain.

2. Lelaki remaja bertubuh besar dan tegap, kurang bisa menjaga emosi, bisa mematikan dengan satu bogem mentah. Kepribadian ini adalah kepribadian yang paling jarang menempati spotlight saya. Mungkin sekitar setahun sekali. Ia bernama Farid.

3. Wanita gemuk pendek usia lima puluhan, yang kerjanya merapikan setiap sudut rumah dan menyiapkan segala sesuatu keperluan rumah tangganya. Ia biasa dipanggil Bu Gina.

4. Leony. Anak kecil berusia tujuh tahun. Rumahan. Tidak bisa diganggu apabila sudah pulang ke rumah. Sering kangen dengan ibunya.

5. Erlangga. Lelaki berumur akhir dua puluhan, geek, suka membaca, tertarik dalam bidang astronomi, geografi, dan psikologi.

6. Wanita akhir tiga puluhan. Tahu cara bersenang-senang dan telaten merawat diri. High maintenance tante-tante. Ia akan menoleh kalau dipanggil Tante Sania.

7. Dennis. Bocah lelaki berusia sepuluh tahun yang hanya bisa membedakan dua rasa makanan. Enak dan enak banget.

8. Vany. Seorang mahasiswi sastra semester awal. Otak kanannya jauh lebih dominan dibanding otak kirinya.

Well, kurang lebih itulah kepribadian-kepribadian yang bergantian mengisi spotlight saya. Sekarang, mari main tebak-tebakan. Siapakah kira-kira yang menulis post ini? Siapa, coba? Ada yang menebak Vany, si mahasiswi sastra? Atau ada yang menebak Grahita, si kepribadian leader? 

Kalau kalian menebak kedua di atas, sayang sekali Bung, anda kurang beruntung.

Perkenalkan, saya Erlangga. ;)

8 Comments to “Kepribadian Ganda”

  1. hai erlangga … namanya terdengar ganteeng ;D

  2. sering merasakan hal yg sama juga.
    jadi pengen nulis ini juga, my MDP gue apa ya?
    klo siang Tom Cruise, kadang brad Pritt, lebih sering Darius kayaknya.

  3. wah blom tahu ya, harus baca berulang ulang sebelum mampu menjawab pertanyaannya :)

  4. anjrit, ini tulisan keren banget.

  5. keren…gelaph keren…nge fans deh sama tulisannya erlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: