Sharing is Caring

Dummy Chef

Gak banyak yang tahu kalo gue suka masak makan malam sendiri. Bahkan banyak yang kaget kalo tahu gue prepare makanan sendiri. Ya gak tiap hari sih, semaunya gue aja. Sesukanya gue dan seadanya bahan di kulkas aja haha.

Entah kenapa, gue sering banget nerima pertanyaan melecehkan semacem, “hah? Lo bisa masak?”

Siaul.

Ya bisa lah masak. Enak aja. Bisa mah bisa. Tapi rasa ya mbuh. Udah sukur mateng tuh masakan hahaha.

Tapi, serious guys, gue setuju sih kalo masak itu dibilang basic survival skill. Kalo lo mau bertahan hidup, lo kudu bisa masak. Gak harus pinter masak, tapi bisa masak. Asal mateng dan gak bikin mati orang yang makan aja. Udah lebih dari cukup sih itu haha.

—–

Keluarga dari sebelah nyokap gue, cewek-ceweknya tuh pada strong banget.

Nyokap, tante, sepupu-sepupu gue yang cewek, mereka semua pada pinter cari duit. Namun untuk urusan domestik pun mereka jempolan, termasuk urusan memasak. Gue juga heran sih, gimana cara mereka bisa mem-balance-kan pekerjaan dan urusan rumah. Energinya dari mana, itu masih tanda tanya buat gue.

Tapi mungkin itu didikan turun-temurun dari almarhumah Nenek gue. Nenek gue dulu itu pedagang. Pedagang perhiasan deh kayaknya kalo gue gak salah inget. Tapi dia juga emang juara banget dalam urusan domestik.

Pas gue masih sekitar 6-7 tahunan, sepupu-sepupu cewek gue yang sudah beranjak remaja, disuruh Nenek gue bersihin ikan satu ember buat makan keluarga besar. Literally satu ember ikan yang harus dibersihin, HAHAHA.

Nenek gue kala itu bilang, “kalo cewek gak bisa bersihin ikan, bukan cucu Nenek!”

Buset dah, galak bener Nenek gue. Pantes nurun ke cucunya (baca: gue).

Jadilah sepupu-sepupu gue itu bersihin ikan di bawah komando Nenek gue yang galak tegas itu.

Nah, sekarang gue mau share resep masakan for dummy ala gue. Buat cewek-cewek yang gak pernah megang kompor sebelumnya, gue rekomendasikan cobain resep di bawah ini. Dijamin sukses karena gampang banget asli.

  1. Grilled Salmon

Salmon nih salah satu ikan yang enak banget. Wajar sih, karena kandungannya memang tinggi lemak. Lemak baik, untungnya. Untuk memasak salmon, gue cukup siapin bahan-bahan di bawah ini:

Bahan:

  • Salmon, 130 gr. Beli di supermarket.

Tips memilih salmon: cari aja yang tanggal expired-nya paling lama, berarti itu salmon yang paling segar di supermarket haha.

  • Bawang putih bubuk, 1 sendok teh.

Karena hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan ngulek bawang putih. Gue pake yang merk Koepoe-koepoe. Beli di pasar atau supermarket manapun pasti ada.

  • Garam halus, secukupnya.

Haha kesel ya denger kata secukupnya di resep masakan? Tips gue adalah, pakein garam sesedikit mungkin. Sejumput aja, 1/20 sendok teh. Karena nanti begitu mateng lo bisa cobain. Kalo kurang asin ya tinggal tambahin garam. Plus lada juga bisa. Kayak pas lo lagi makan di resto aja.

Cara Memasak:

  • Baca bismillah. Supaya masakan lo ini sukses.
  • Lumuri salmon dengan bawang putih bubuk dan garam.
  • Masukkan ke oven. Setel 200 derajat Celcius selama 10 menit. Taro di bagian bawah oven dulu biar kena api bawah. Setelah itu, tambahin timer oven 5 menit lagi untuk lo taro di api atas.
  • Intip-intip aja. Kalo kira-kira kurang crispy, lebih lamain lagi setel timer-nya juga gakpapa. Feeling emang kudu main banget di acara masak-memasak ini. Untuk selera gue sih cukup di 200 derajat Celcius selama 10 menit + 5 menit kayak gue bilang di atas.

Kalo gak punya oven, gimana?

Lo bisa beli oven di Ace Hardware, merk Krisbow. Harganya sekitar Rp 370 ribu. Kapasitas 10 liter. Listrik 700 watt. Cocok banget untuk light cooking bagi yang tinggal sendiri di apartment kayak gue. Kalo buat yang berkeluarga, ada pilihan oven berkapasitas 20 liter dengan watt yang lebih gede. Pilih aja sesuai kebutuhan.

Kalo gak mau beli oven, siapin pan anti lengket di kompor dengan api sedang. Cara masaknya kayak gini:

  • Gak usah pake minyak goreng, ngurang-ngurangin kalori. Kalo mau banget pake minyak, pake olive oil aja, setengah sendok makan.
  • Taro salmon di pan selama 6 menit.
  • Balik. Diemin lagi selama 6 menit.
  • Kelar.

Kalo gak punya pan, gimana?

……

Lo niat mau masak gak sik? Oven kagak punya. Pan kagak punya. Udahlah gak usah masak aja.

……

Emosi gue.

……

Oiya, tips untuk memasak salmon. Keringkan salmonnya pake tissue tebal sebelum dibumbuin. Salmon yang basah berair bikin lengket di pan soalnya.

Penyajian boleh berantakan, tapi rasanya aduh enak banget aduh. Cobain deh.
Salmon dan Kentang Panggang adalah salah satu makanan surga yang bocor ke Bumi. Saking enaknya.

Berhubung gue anaknya sangat praktis, dalam mengoven salmon, biasanya gue langsung masukin kentang. Beli kentang beku yang udah dipotong shoe string kayak french fries gitu. Jadi sekali masuk oven, dua makanan mateng. Salmon dan kentang hahaha.

Kentang sih gak gue bumbuin apa-apa ya. Begitu mateng, gue bubuhin garam dan lada aja.

Sehat banget kan ini makanan gue. Salmon dan kentang panggang.

2. Ikan Mas Goreng 

Ini resep andalan nyokap gue. Gue kalo makan ini tuh aduh, bisa nambah tiga piring. HAHA gak lah gak tiga piring banget. Tapi gue pasti makan banyak kalo nyokap gue udah masakin ikan mas goreng ini.

Resep ini juga bikinnya gampang banget asli. Dijamin lo bisa.

Bahan:

  • Ikan mas, 1 kg.

Ikan mas jarang banget sih dijual di supermarket. Nyaris gak ada kayaknya. Jadi lo kudu ke pasar tradisional. Beli di tukang yang ikannya masih hidup. Jangan beli ikan yang udah metiaw dipajang. Nyokap gue selalu beli ikan mas yang 1 kg-nya berisi 4-5 ikan. Jadi 1 ikan berat kotornya kurang lebih 200-250 gr.

Dan oh, sesuai wasiat Nenek gue di prolog postingan ini, gue tentunya masih masuk kategori cucu beliau. Soalnya gue bisa banget bersihin ikan. Tapi tentunya tidak dengan cara old school macam beliau dulu, melainkan dengan cara, “Mas, Mas, ikannya dibersihin ya. Isinya dibuang aja semua.”

…dan bersihlah semua ikan-ikan itu.

Yang penting gue bisa bersihin ikan kan? Cuma caranya beda aja. Jadi nama gue masih tetap bisa masuk di pohon keluarga, HAHA.

  • Asam jawa, 4 biji.

Gue jujur gak tahu satuan untuk menyebut asam jawa. Bukan buah, bukan gram, apa ya? Biji? Iya deh biji aja. Untuk 1 kg ikan, pake aja 4 biji asam jawa.  Sesuai selera sih sebenernya mau berapa banyak, tapi pake 4 aja dah. Nurut aja sama gue udah.

  • Garam halus, secukupnya.

Lagi-lagi gue bilang secukupnya untuk garam. Tapi kalo harus dikuantifikasi, pakein setengah sendok makan garam aja dulu. Inget prinsip gue. Mending kurang asin daripada keasinan. Kurang asin bisa ditambahin garam nanti pas masakannya mateng. Ok?

Update info dari nyokap gue. Kalo mau dikuantifikasi, satu kilo bahan padat itu pakein satu sendok makan garam. Kalau dimasak pakai air yang cukup banyak alias direbus, garamnya jadiin 2 sendok makan biasa, gak munjung. Karena kita sedang tidak merebus ikan, jadilah pakein satu sendok makan aja ya.

  • Air, 100 ml.

Air ini buat larutin si asam jawa dan garamnya.

Cara Memasak:

  • Asam jawanya diremas-remas ke air gitu biar larut. Campurin garam juga.
  • Lumuri ikan mas dengan cairan asam dan garam tadi.
  • Diamkan selama satu jam.
  • Goreng di api sedang sampai berwarna kecoklatan.
  • Kelar.

Gampang banget kan?

Begitu mateng, makannya pakai nasi panas pulen sama kecap yang dipakein potongan rawit.

Duh, jadi ngiler pingin ikan mas goreng. Besok makan siang ke Ikan Mas Bandung aja apa? *calling geng maksi-maksi.

—–

Nah, itulah dua resep yang gue share hari ini. Tadi mau nambahin puding cokelat ala gue. Tapi udah keburu ngantuk, jadi mungkin gue share kapan-kapan aja deh kalo inget. Gampang juga kok. Tinggal campur air sama coklat, didihkan, dinginkan. Kelar.

Ntar deh ya haha.

See ya di postingan berikutnya! :D

Advertisements

2 thoughts on “Dummy Chef

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s