Waspada

by gelaph

Sering naik kendaraan umum? Di Jakarta? Kalo keduanya jawabannya “iya”, mungkin kalian harus cek baby cek postingan gue kali ini. Entah kenapa akhir-akhir ini gue ngerasa gue agak terlalu waspada kalo naik kendaraan umum sendirian. Mau itu naik mikrolet, Kopaja, Trans Jakarta, bajaj, atau taksi sekalipun. Ini contohnya:

1. Gue kalo naik taksi sendirian, malem hari, dan naga-naganya si supir taksi ngelewatin jalanan yang nggak gue kenal, gue pasti nyari-nyari barang yang kira-kira bisa dipake buat mempertahankan diri, semacem pulpen atau heels 9 senti gue. Yaa walaupun mungkin nggak membantu terlalu banyak, at least gue masih ada perlawananlah kalo ada apa-apa. Benda-benda itu juga gue persiapkan kalo naik mikrolet yang isinya laki semua. Mungkin parno akibat adanya cewek yang diperkosa 4 lelaki di mikrolet beberapa waktu lalu. Etapi kalo malem hari kayaknya gue nggak pernah naik mikrolet sendirian sih, kalo udah malem dan sendirian gue prefer naksi aja.

Cute-yellow-bus :)

2. Kalo lagi jalan kaki sendirian, misalnya jalan dari halte Trans Jakarta ke kosan gue, gue pasti naro tas di bagian sisi dalam jalan dengan posisi tas di depan badan. Kebayang nggak? Jadi kalo gue jalan di trotoar kiri jalan, tas gue gue pake di tangan kiri, kalo gue jalan di trotoar kanan jalan, tasnya gue pake di tangan kanan. Tujuannya? Biar penjambret tas tangan wanita yang naik motor agak kesulitan ngincer tas gue. Semacam tindakan pencegahan aja. Dan kenapa tasnya posisiin di depan, nutupin badan? Tujuannya biar para peremas dada wanita yang naik motor dari arah berlawanan nggak bisa seenaknya ngeremas punya gue. Enak aja! BAYAR! #eh

3. Kalo naik Kopaja atau Trans Jakarta dan berdiri, gue sebisa mungkin menghindar dari laki-laki yang suka nempel-nempel. Gue ada pengalaman aja sih, suatu waktu gue naik Trans Jakarta, dan ada laki-laki yang berdiri tepat di belakang gue sampe gue ngerasa nggak nyaman, padahal keadaan bisnya nggak serame itu juga sih sampe dia harus nempel-nempel ke gue. Gue geser, dia ikut geser. Najis. Akhirnya gue puter badan 90 derajat ke kiri, rapetin tas ke badan, dan posisiin siku gue ke badannya. Mau nempel? Nempel tuh ke siku gue! Kebayang kan muka puas gue pas si bis ngerem mendadak gitu? Gue sok-sok lebay aja neken badannya pake siku gue. Satu kata. MAMPUS! Hahahahaha. Masih seneng lho gue rasanya kalo inget. *ngakak*

4. Kalo naik angkot atau mikrolet, gue seringnya memposisikan tas bukan ditidurin seenaknya di atas pangkuan gue, tapi diberdiriin gitu dengan posisi bagian depan tas gue menghadap ke samping. Plus gue pegangin samping kanan kirinya tentunya. Tujuannya? Mempersempit luas penampang tas yang bisa disilet sama copet-copet cemen yang nggak berani ngerampok pake ngancem.

Well, pasti banyak di antara kalian yang bilang gue segitu parnonya ya? Hahahaha. Gue nggak tertekan dan nggak sewaspada itu kok waktu melakukan hal-hal di atas. Lebih kayak kebiasaan demi keamanan diri, semacam selalu ngunci kamar kosan kalo ninggalin kamar. Refleks aja gitu. Karena udah terbiasa kali ya.

Dan lagi, gue selalu percaya sama yang namanya takdir. Kalo takdirnya mau ada apa-apa ya nggak ngaruh juga kan tindakan pencegahan model apapun. Tapi percaya deh, takdir akan lebih mudah diterima kalo lo emang udah melakukan sesuatu. Karena gue emang anti dengan kalimat penyesalan semacam ini “seharusnya tadi gue begini, seharusnya gue begitu”. Do the best and God take the rest. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: