Proses atau Hasil?

by gelaph

Entah kenapa saya suka sekali membahas sesuatu yang sifatnya debat ayam-telur-telur-ayam. Tahu debat ayam-telur-telur-ayam? Itu lho, debat antara ayam dulu atau telur dulu yang ada di permukaan bumi ini alias debat yang masing-masing pendapat memiliki argumen sendiri. Tidak atau belum ada yang benar atau yang salah. Hanya butuh kepala dingin dan pikiran yang terbuka untuk mau mendengar argumen lawan dan mengakui kelemahan argumen sendiri.

Nah, kali ini saya mau membahas masalah yang agak ayam-telur-telur-ayam. Lebih penting proses atau hasil?

Orang yang berorientasi proses, ia akan menikmati setiap proses dari semua kegiatan yang ia lakukan. Sedangkan orang yang berorientasi hasil, ia cenderung fokus pada hasil atau pencapaian. Orang yang berorientasi proses meletakkan kebahagiaan dan kepuasan batin pada saat suatu kegiatan berlangsung, bagaimanapun hasil akhirnya. Sementara orang yang pro-hasil akan merasa puas apabila memperoleh hasil yang sesuai atau bahkan lebih dari yang diinginkan, entah dengan cara apa ia mendapatkannya.

Beberapa tahun yang lalu, kayaknya sih pas zaman-zaman saya masih abege lucu, saya didoktrin oleh -entah salah satu guru, atau dosen, atau mentor training, atau apapun itu, saya tidak ingat sama sekali-, bahwa hari gini kita sebaiknya berorientasi proses. Nikmati proses dari setiap hal yang kita lakukan. Waktu itu saya sih manggut-manggut aja mendengar perkataan orang tersebut. Semua ditelan mentah-mentah tanpa dicerna lebih dahulu.

Sekarang, setelah saya bisa sedikit mikir, saya sih nggak setuju-setuju amat sama perkataan orang-entah-siapa-saya-tidak-ingat itu.

Menurut saya, kita tidak bisa memukul rata bahwa kita harus berorientasi proses, atau harus berorientasi hasil. Tergantung apa kegiatannya. Kalau kegiatannya semacam liburan, melakukan hobi, atau mojok gelap-gelapan sama pacar, ya itu mending berorientasi proses. Nah kalau udah kegiatan yang berurusan sama kewajiban dan tanggung jawab, semacam urusan akademis atau pekerjaan, bukannya ada keharusan untuk berorientasi hasil? Mau tidak mau. Suka tidak suka.

Betul, kita harus menikmati setiap proses selagi kita kuliah atau bekerja. Tapi toh tetap saja, IPK merupakan hal yang pertama ditanya bagi setiap fresh graduate yang melamar pekerjaan ke perusahaan manapun. Hal pertama, bukan hal utama. Seorang mahasiswa pun tidak mungkin luput dari pertanyaan “kapan rencana lulus?”, “skripsi udah sampe mana?”, dan lain sebagainya yang sifatnya menanyakan hasil.

Pun saat kita bekerja, baik di perusahaan orang ataupun punya usaha sendiri, kita tentunya harus fokus dengan hasil. Istilahnya sih, orang tidak perlu tahu dengan urusan dapur kita, bagaimana kita jungkir balik menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka hanya perlu tahu, hasilnya mana? Baik? Atau sangat baik? Karena hari gini sih, good is not good enough. You must be excellent to be noticed.

Jadi, kalau sekarang ada orang yang bertanya apakah saya orang yang berorientasi proses atau hasil, saya akan menjawab bahwa orientasi saya tergantung dengan kegiatannya. Konteksnya apa dulu nih? :P

Kalau kamu? Proses atau hasil? Tidak ada yang benar atau salah, pilih aja. :P

 

Tags: , ,

7 Comments to “Proses atau Hasil?”

  1. untuk beberapa “hal”, sepertinya proses lebih menarik.
    if you know what I mean. :O

  2. hmmm..kalo proses terus tapi trnyata ga ada “hasil” karena gabisa “berdiri” gimana donk..

  3. hmmmmm, kayaknya gue harus milih proses.

    That’s the fun part. Me gusta!!! :))

  4. kalo gue milih berorientasi pada hasil, mestinya gue bakal bahagia kalo berhasil.. kalo gak berhasil, bisa jadi gue jadi pesimis dan takut buat nyoba ngedapetin hal itu lagi,
    kalo gue milih pada proses, ketika tidak berhasil pun gue masih bisa berpikir kalo itu bukanlah kegagalan, karena sekarang gue tau apa saja yg bisa membuat ketidak berhasilan tsb..
    dan dalam setiap tujuan besar kita, pada prosesnya mesti ada tujuan2 kecil yg mesti kita lalui, maka setiap tujuan2 kecil adalah keberhasilan2 kecil yg suatu saat akan terus menjadi sesuatu yg besar..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: