Hah? Iya.

by gelaph

“Kamu pasti dulu pernah ngecat rambut, ngeriting, trus ngelurusin ya?” Kapster salon favorit bertanya ketika sedang mengeblow rambut gue.

Gue agak kaget mendengar pertanyaan itu. Saking kagetnya gue hanya mampu menjawab dengan, “Hah? Iya.”

“Kalau sekarang, kamu pasti pake penghitam rambut ya? Pake apa? Ini pasti bukan cat rambut sih.” Ia melanjutkan komentarnya.

“Pake semacam bubuk hitam gitu. Lupa apa namanya. Tapi bukan Hyena.”

“Pantes aja. Rambut kamu jadi kering dan patah. Mending dicat biasa aja.”

“Oh, gitu ya?” Gue hanya bisa manggut-manggut menanggapi kalimatnya.

Di lain waktu, di tempat praktek dokter kulit. Seorang dokter supercantik menyuntikkan vitamin C untuk membantu menghilangkan bekas alergi di kulit gue.

Ketika sedang dalam proses penyuntikan, sang dokter berkomentar, “Kamu kurang minum air putih ya?”

Komentar yang gue keluarkan pun secerdas ketika gue menanggapi kapster tempo hari:

“Hah? Iya.”

Yang kali ini gue tambahkan dengan, “Kok tahu, Dok? Emang kenapa?”

Dokternya hanya tersenyum sambil berkata, “Darah kamu kental banget soalnya. Gak apa-apa sih. Gak masalah. Tapi kalo bisa, minum air putih yang banyak.”

Dan sekali lagi, gue hanya bisa manggut-manggut.

Kemampuan seseorang untuk mendeteksi something wrong dengan sangat cepat, bahkan tanpa inquiry apapun, adalah salah satu hal yang sangat gue kagumi.

Sama kayak waktu kuliah, gue terkagum-kagum dengan cerita salah satu dosen. Beliau berkata bahwa seorang partner di kantor akuntan publik pasti bisa mendeteksi ‘keanehan’ di laporan keuangan hanya dengan sekali baca saja.

Ya wajar sih, mengingat pengalaman mereka yang (mungkin) sudah bertahun-tahun di bidangnya.

Nah kalo gue, apa ya? Kemampuan apa ya, yang bisa bikin orang koprol sambil bilang “Hah? Iya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: