Our New Baby Born

by gelaph

Lama gak nge-blog di sini, bukan berarti gue jadi blogger murtad. Bukan juga males ibadah. Tapi karena gue lagi sibuk ngurus lapak sebelah, working-paper.com.

Dimoderatori oleh gue dan @myaharyono, working-paper.com (WP) ini berisi tentang kumpulan fiksi. Baik karangan kami berdua, ataupun oleh para penulis tamu yang listnya bisa dilihat di sebelah kiri bawah halaman blog, dengan label “meet our clients”.

Sebut saja @deardiar, @dendiriandi, @dheaadyta, @kartikaintan, @NH_Ranie, @romeogadungan, @saputraroy, dan @TiaSetiawati tercatat pernah menyumbangkan tulisannya.

Tulisan mereka dapat ditemui under ID “client”. Karena ceritanya kami berdua adalah auditor, dan para penulis tamu ini adalah kliennya.

Dari mana kamu akan tahu siapakah yang menulis sebuah cerita? Tenang, di sudut kanan atas ada sebuah  tanda. PBC. Prepared by Client. Dan ada juga akun Twitternya di sana. Tinggal klik follow aja. :D

Siapapun bisa menyumbang ceritanya untuk dipublikasikan di blog kami ini. Kontak aja @gelaph, atau @myaharyono. Bisa juga dengan meninggalkan pesan di kolom komen di bawah post ini. Atau mau meninggalkan komen di post yang mana aja juga nggak apa-apa. Asal kebaca sama kami aja sih. :P

Selain penulis yang beragam, blog ini juga berisi cerita bersambung antara gue dan @myaharyono. Jadi, Mia nulis cerita pendek, gue sambung tulisannya itu. Trus nanti Mia menyambung lagi cerita gue tersebut. Begitu seterusnya. Mia menulis dari sisi sang laki-laki, sedangkan gue dari sisi sang perempuan.

Agak tantangan sih buat kami berdua. Secara ya, Mia itu gaya nulisnya lebih romantis dan cewek banget. Sedangkan gue lebih cuek dan seenaknya, lebih ngena kalo jadi cowok kayaknya. Tapi, kami berdua sepakat untuk mencoba. Mia si laki-laki, gue si perempuan. We’ll see the result. :P

Cerita ini bisa dibilang semacam cerbung, tapi yang menulis dua orang. Di mana kami berdua nggak janjian soal plot atau karakter yang ada di cerita ini. Nanti arah ceritanya mau mengalir kemana, ya entahlah, hahaha.

Cerita bersambung ini dapat ditemui di kategori “estafet-working-paper”, sesuai dengan cara kami menyebutnya. Sejauh ini baru ada tiga cerita di sana. Masih jauh dari kata selesai. :P

Selain itu, kami menamai hal-hal di blog dengan penamaan yang tak lazim. Sebut saja “archive” yang kami sebut dengan “our filing cabinet, atau “authors” yang kami beri istilah “working-paper preparers”.

Ada juga  “new post”, yang kami sebut dengan “ready to be reviewed”. Jadi, setiap postingan baru kita, itu dianggap sebagai working paper atau kertas kerja yang telah selesai. Siap di-review oleh external reviewers. Siapa lagi kalau bukan kalian? :D

Di setiap sites, pasti ada “categories”. Kami memilih untuk mengganti “categories” menjadi “ledger and sub-ledger” di WP ini. Secara harfiah, ledger itu artinya buku besar. Semacam buku untuk mencatat saldo di akuntansi. Kalau di WP kami sih, itu maksudnya semacam “bagian” dan “sub-bagian”.

Terakhir, kami menamai field “comments” menjadi “review notes”. Tahu nggak review notes itu apa

Seorang auditor yang membuat sebuah WP alias kertas kerja, pasti akan di-review terlebih dahulu oleh atasannya, sebelum akhirnya merilis sebuah laporan keuangan. Dari hasil me-review WP, si pak boss biasanya akan memberikan komen. Pertanyaan ini itu, prosedur audit kurang, atau sampel perlu ditambah, dan lain sebagainya. Komen-komen si pak boss ini terangkum dalam satu file yang disebut review notes.

Makanya kami memutuskan untuk memakai istilah “review notes” sebagai pengganti “comments”. Isinya tentu saja tentang komen-komen yang pembaca tinggalkan di WP kami ini. :D

Yang pernah atau masih berprofesi sebagai auditor, pasti merasa sangat familiar dengan istilah-istilah tersebut. Buat yang bukan auditor, udah ngerti dong membaca WP kami? ;)

So, silahkan kunjungi our new baby born ini, karena dia lagi lucu-lucunya. :)

P.S: If you found GP code, it stands for Grahita Primasari, my full name; while MH means Mia Haryono. ;)

One Comment to “Our New Baby Born”

  1. Reblogged this on mimi[at]myaharyono and commented:
    Lapak sebelah -> working-paper[dot]com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: