111 Kata: Sehari-hari

by gelaph

Yak. Tergiur oleh ajakan Kak Konih (@Dear_Connie) untuk ikutan nulis flash fiction 111 kata, gue akhirnya membuat beberapa tulisan berikut.

1. Pintu Ajaib

2. Cangkir Kesayangan

3. Dua Jendela

4. Bahkan Sendok Pun Bisa Mati

5. Piring Porselen Paling Cantik

6. Kompornya di Mana?

7. Sesuatu yang Penting di dalam Kulkas

8. Di Atas Meja

9. Kursi Goyah

Flash fiction sendiri merupakan cerpenpen menurut gue. Cerita pendek yang lebih pendek. Halah.

Kegiatan menulis fiksi sebanyak 111 kata ini dipopulerkan oleh jejakubikel. Dan di setiap harinya ada tema yang berbeda. Nah, karena baru mulai menulis mulai kemarin (10 November), gue merapel 9 tema pertama di hari ini. Temanya berturut-turut adalah: cangkir – piring – sendok – meja – kursi – pintu – jendela – kompor – kulkas. Namun gue menulis tidak berurut tema yang ditentukan, sesuai ide yang muncul duluan saja. Haha.

Tinggal satu tema lagi yang belum gue sentuh, yaitu: jamban.

Walaupun ini project iseng-iseng buat gue, banyak ilmu yang bisa didapat. Di antaranya adalah ilmu memadatkan alur yang diinginkan dalam 111 kata. Yak. Intinya sih melatih efisiensi dan efektivitas pemilihan kata. Gimana caranya, cerita yang kita inginkan bisa masuk semua dalam hanya 111 kata.

Dan, oh. Tema-tema di atas adalah tema lepas. Jadi satu tema, satu cerita. Namun gue iseng membuat flash fiction yang masih berkaitan satu sama lain. Tujuannya sih biar orang “terpaksa” baca dari cerita pertama. :P

Last but not least, it’s fun yet challenging.

So, join us? :D

6 Comments to “111 Kata: Sehari-hari”

  1. Keren Laph. Cuman gw ahak bingung aja di cerita Kompornya di Mana?

  2. Just read your 9 flash fiction. Wow! What a creative writing. It’s full of absurd content, but still did convey the messages to the readers. Anyway, why Limbad? Are you a fan of him? hmm… How scary! :p

  3. Hai, Grahita.. (atau boleh saya panggil Gelaph aja?)

    Ini kali pertama saya mampir ke Gelaph [dot] com. Dan tahu-tahu saya jatuh cinta. Bukan sama kamu, tentu.. :-P Tapi sama karya-karya kamu, dan proyek menulis kamu yang lain, dengan Mia dan yang lainnya.

    Salam kenal, yaa.. :)

    Surfed around your blog and found out about Trave(Love)ing. Sepertinya dalam waktu dekat ini saya akan cari buku itu. Penasaran. :D

    Sukses selalu ya.. :)

    • Whooaaa makasih ya Nisa. Very kind of you. :D
      Syukur deh kalo kamu suka blog ini. Dan lebih syukur lagi kalo kamu sampe niat nyari novel aku and the geng. :D
      Makasih sekali lagi atas apresiasinya. Aku tanpamu, butiran debu! xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: